Target Naikkan IPS 2024, Diskominfo Gelar Sosialiasi Giat EPSS

Kamis, 7 Maret 2024, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Semarang sebagai walidata menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pelaksanaan kegiatan EPSS atau Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral. 

 

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan bertempat di Ruang Command Center, di Lantai 2, Kantor Setda Kabupaten Semarang. Dalam acara tersebut BPS Kabupaten Semarang selaku Pembina Data Statistik, juga memberikan arahan sebagai narasumber terkait 38 indikator dalam penilaian EPSS. Rencananya, di tahun 2024 ini yang menjadi lokus penilaian EPSS yaitu Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Semarang, dengan giat utama bertajuk Pengumpulan Data Statistik Hotel dan Akomodasi Lainnya di Kabupaten Semarang’ serta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Semarang, dengan giat utama bertajuk ‘Survei Kajian Minat Baca Masyarakat Kabupaten Semarang’.

 

Tujuan sosialisasi dilakukan guna mendongkrak nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) pada tahun 2024 sebagai output dari pelaksanaan EPSS. Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Semarang dan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Semarang, selaku walidata pendukung, serta Bapperida Kabupaten Semarang, selaku koordinator Satu Data Indonesia (SDI). (*Staf Santik/Devina)