Rapat Evaluasi Forum Satu Data Indonesia tingkat Kabupaten Semarang

Ungaran, 02 November 2023, bertempat di Ruang Rapat Dharma Satya Gedung B Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang telah diselenggarakan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Forum Satu Data Indonesia (FSDI) tingkat Kabupaten Semarang sekaligus Penyepakatan Daftar Data Kabupaten Semarang Tahun 2024. Sebagai tindak lanjut dari Perpres No. 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, Kepala Bapperida selaku koordinator Satu Data Indonesia tingkat Kabupaten Semarang dalam sambutannya menyampaikan bahwa data yang telah diinput menjadi acuan pembangunan dalam daerah, maka diharapkan produsen data memberikan data yang akurat.

Turut hadir pula dalam Rapat Evaluasi tersebut, Ibu Dra. Hendy Lestari, M.M Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang. Beliau menghimbau agar pihak produsen dan walidata dapat lebih meningkatkan koordinasi, serta antar anggota FSDI dapat menjalin kerjasama yang baik. Tentunya hal ini tidak terlepas dari dorongan kepala dinas selaku produsen data kepada anggota tim Satu Data Indonesia yang berada masing-masing kedinasan.

Berikutnya materi pertama diberikan oleh pihak Bappeda Provinsi Jawa Tengah yaitu Ibu Andria Widyastuti S.E, M.I.Kom, dalam paparan belaiu menyampaikan mengenai sistem penilaian SDI termasuk meliputi tentang sumber daya manusianya dan juga sarana prasarana yang tersedia. Hal tersebut diamini oleh Ibu Dewi Trirahayuni, S.Si, M.Si, selaku Kepala BPS Kabupaten Semarang yang kemudian menyampaikan bahwa kekurangan SDM dapat disiasati dengan mengadakan pelatihan bersertifikasi. Sehingga dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan dapat menciptakan SDM yang mumpuni guna menunjang penilaian.

Dilanjutkan materi selanjutnya yang diisi oleh Ibu Lin Purwati, S.ST M.Agb, Statistisi Ahli Madya BPS Kabupaten Semarang, yang menjelaskan tentang keseluruhan SDI. Mulai dari struktur formasi FSDI beserta dengan perannya, alur pengisian dan penyusunan, metadata, serta sistematika dalam SDI dijelaskan secara rinci.

Pemapar materi terakhir disampaikan oleh Bapak Petrus Triyono S.Sos M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Semarang selaku Walidata. Beliau menjelaskan mengenai tugas Diskominfo selaku walidata dan aplikasi yang digunakan untuk pengisian data oleh produsen data. Beliau berharap agar produsen data dapat lebih giat dalam mengisi data pada aplikasi serta dapat menjalin kerjasama yang baik.

Hadir dalam Rapat Evaluasi Pelaksanaan FSDI tingkat Kabupaten Semarang tersebut, Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang, Drs. Djarot Supriyoto, M.M. Disampaikan dalam closing statementnya, Beliau berharap bahwa data yang dipublikasi adalah data yang akurat dikarenakan data yang telah disajikan juga termasuk menjadi acuan dalam pengambilan keputusan kebijakan bukan hanya di tingkat daerah melainkan sampai ke tingkat pusat. Jika data yang disajikan mengalami kekeliruan maka akan mempengaruhi proses selanjutnya.

Acara Rapat Evaluasi tersebut ditutup dengan penandatanganan Penyepakatan Daftar Data oleh Kepala Bapperida, Kepala Diskominfo dan juga Kepala BPS Kabupaten Semarang.