Desa Delik, Kecamatan Tuntang berhasil menembus 10 besar Desa Cinta Statistik tingkat Nasional dan meraih Penghargaan

Pada hari Senin, 04 Desember 2023 Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah masuk dalam 10 besar penerima penghargaan Desa Cantik (Cinta Statistik) bersama Desa atau Kelurahan lainnya. Penerimaan penghargaan ini didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Semarang yakni Bapak Drs.Rudi Susanto, M.M. dan diterima langsung oleh Ibu Dewi Trirahayuni, S.Si., M.Si selaku Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang serta Kepala Desa Delik, Bapak Punadi, S.E. Acara penganugerahan Penghargaan Desa Cantik 2023 dilaksanakan di Hotel The Ritz-Carlton Jakarta. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB, Ibu Nanik Murwati, S.E.,M.A beserta Sekretaris Utama BPS RI, Bapak Ir. Atqo Mardiyanto,M.Si.

Desa cantik adalah sebuah program peningkatan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran. Tujuan umum dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Selain itu diharapkan adanya standardisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik. Selanjutnya adalah optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran. Tujuan yang terakhir adalah untuk membentuk agen agen statistik pada level desa/kelurahan.

Program Desa Cantik ini dilaksanakan pada tingkat desa dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan. Diantaranya yaitu keberadaan komputer atau internet di kantor desa/kelurahan  serta memiliki Potensi produk unggulan. Di Tahun 2023 ini, Desa Delik dari Kabupaten Semarang berhasil maju menuju nominasi 20 besar dan kemudian masuk dalam 10 besar tingkat nasional.

Pelaksanaan penilaian Desa Cantik oleh BPS Pusat sendiri dilakukan pada tanggal 22 November 2023 lalu di Desa Delik, Kecamatan Tuntang.