Pelatihan Penyusunan Metadata Statistik Kegiatan

Bidang Persandian dan Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Semarang mengadakan pelatihan pembuatan rekomendasi statistik dan metadata yang bertempat di Command Center Kantor Sekretariat Daerah pada tanggal 30 November 2023 lalu. Pelatihan ini diikuti oleh personil-personil dari perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah sebagai Koordinator SDI; Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai Walidata; serta Bagian Organisasi dan Bagian Tata Pemerintahan selaku Walidata Pendukung Forum Satu Data Indonesia tingkat Kabupaten Semarang.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Persandian dan Statistik, Ibu Amelia Greta Paulina, S.STP,M.M menyampaikan bahwa kegiatan pada pagi hari ini merupakan tindak lanjut dari rapat beberapa waktu yang lalu dengan BPS dan Walidata Pendukung kaitannya tentang pemenuhan dan peningkatan rekomendasi statistik dan metadata baik secara kuantitas maupun kualitas. Disampaikan pula bahwa kegiatan tersebut merupakan amanat dari Perbup Nomor 66 Tahun 2020 terkait Satu Data Kabupaten Semarang.

BPS Kabupaten Semarang selaku pembina data statistik sekaligus narasumber diwakili oleh Ibu Yeni Rosiyanti, S.ST. Beliau mengapresiasi setinggi-tingginya dengan diadakannya pelatihan ini. Hal tersebut merupakan langkah penting guna memenuhi salah satu prinsip dalam SDI yaitu pemenuhan metadata. Pelatihan diisi dengan materi pengisian Metadata Statistik Kegiatan, dimulai dari Judul Kegiatan hingga pengisian kolom lainnya pada aplikasi OMAE milik BPS.

Kegiatan ini masih akan berlanjut pada pelatihan yang akan datang guna melengkapi mengenai pengisian jenis metadata lainnya yaitu Metadata Statistik Indikator dan Metadata Statistik Variabel, serta prosedur pengajuan Rekomendasi Statistik.